Widget HTML Atas

Contoh RPP Pembelajaran Al Quran Ilman Wa Ruhan Untuk SD

Contoh RPP Pembelajaran Al Quran Ilman Wa Ruhan Untuk SD

 


Modul Ajar Ilman Wa Ruuhan TERPADU JSIT Indonesia

Semester I TP. 2022-2023

 

Bagian I. Identitas dan Informasi Mengenai Modul Ajar

Judul Modul Ajar

Al Quran  Metode Belajar Al Qur’an  Ilman Wa Ruuhan

Mata Pelajaran

     Al Qur’an

Kelas/Fase

 4/A

Capaian dan Tujuan

Capaian Pembelajaran Ilman Wa Ruuhan:

1.         Adab

Membawa dan meletakkannya dengan benar yaitu membawa di dada dengan tangan kanan dan meletakan di tempat yang lebih tinggi (bukan dilantai)

2.         Hafalan

QS. At Thoriq  

3.          Alquran QS. Al Baqoroh

Profil Pelajar Ilman Wa Ruuhan:

·       Taat kepada Allah – Memuliakan AlQur’an – Adab terhadap Sesama

·       Lancar Bacaannya – Tepat Tajwidnya – Indah bacaannya.  

Tujuan Pembelajaran:

1.    Setelah berlatih sikap memuliakan Quran, peserta didik terampil mempraktekan membawa dan meletakkannya dengan benar.

2.    Melalui proses Talaqqi, peserta didik mampu menghafal QS. At Thoriq

3.    Melalui Pola mencontohkan bacaan siswa dapat membaca QS. Al Baqoroh

Detail Penggunaan

Total Alokasi Waktu:

6 x 35 menit

Moda Pembelajaran:

Tatap Muka

Sarana dan Prasarana :

Ruang Kelas, Meja Lipat, Bahan Ajar (Buku dan Peraga).

Target Murid:

Murid reguler

Jumlah Murid Per Kelas:

12 Orang/ kelompok

Referensi

SKL Ilman Wa Ruuhan

     Al Qur’an Juz 30 QS. At Thoriq

Al Quran QS. Al Baqoroh

 

Bagian II. Asesmen 

Asesmen

Adab

Hafalan

Materi Jilid

As

Refleksi siswa, pelaksanaan adab, penilaian diri, penilaian antar teman

Refleksi siswa, penilaian diri dan penilaian antar teman

Refleksi siswa, penilaian diri dan penilaian teman

For

Penilaian proses menterampilkan diri, penugasan melaksanakan adab

 

Penilaian proses menterampilkan diri,

mengulang bacaan dan hafalan di rumah

Penilaian proses menterampilkan diri,

mengulang bacaan di rumah

 

Of

Rubrik penilaian terampil Adab

Rubrik penilaian terampil Hafalan

Rubrik penilaian terampil melafalkan bacaan.

 

 

Bagian II. Pertanyaan Pemantik

Pertanyaan Pemantik Bagi Siswa

Sudahkah ananda meletakkan dan membawa buku Jilid/ Alquran dengan benar?

Semalam belajar sama siapa?

Sudahkah ananda bersyukur hari ini?

 

Bagian IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

TAHAPAN

MUATAN

AKTIVITAS

 

 

PEMBUKAAN

5’

 

 

1.      Pendidik menanyakan kabar ke peserta didik

2.      Pendidik membuka dengan salam 

3.      Pendidik membaca Hamdalah & Shalawat

4.      Pendidik dan peserta didik membaca surat Al Fatihah & Do’a Penawar Hati

INTI

 

Adab

7’

1.     Pendidik bertanya kepada peserta didik pelaksanaan adab memuliakan Al Qur'an

2.     Pendidik  menyampaikan materi adab (baru) atau menekankan kembali.

3.     Pendidik mentrampilkan peserta didik dengan materi adab.

4.     Pendidik meminta peserta didik mengisi buku prestasi bagian Adab.

Tahfidz

10’

1.       Pengulangan : Pendidik meminta peserta didik untuk mengulang hafalan Qur’an surat At Thoriq

2.       Paham (proses menghafal baru)

2.1    Pendidik mencontohkan surat At Thoriq

2.2    Pendidik meminta peserta didik menirukan bacaan At Thoriq

2.3    Pendidik meminta peserta didik membaca bersama-sama At Thoriq ditunjuk pendidik minimal 3 kali

2.4    Pendidik meminta sebagian peserta didik membaca surat At Thoriq

3.       Mahir hafalan (proses mentrampilkan hafalan baru)

3.1    Peserta didik dikelompokkan untuk kembali mengulang hafalan bersama sama

3.2    Pendidik meminta peserta didik mengulang hafalan At Thoriq  bersama-sama

 

4.       Evaluasi Hafalan

4.1      Peserta didik diminta membaca satu persatu dan peserta didik yang lain menyimak

4.2      Pendidik menilai Hafalan baru siswa

Materi Jilid

45’

1.       Pengulangan Materi pada QS.Al Baqoroh

2.     Paham (penjelasan materi Baru)

2.1    Pendidik mencontohkan bacaan  QS.Al Baqoroh sebanyak 1 x

2.2    Pendidik meminta peserta didik menirukan bacaan QS.Al Baqoroh minimal 3 kali

2.3    Pendidik meminta peserta didik membaca bersama-sama bacaan QS.Al Baqoroh yang ditunjuk

2.4    Pendidik meminta sebagian peserta didik membaca bacaan/materi  yang ditunjuk

3.       Mahir (mentrampilkan materi baru)

3.1    Pendidik meminta Peserta didik mengulang bacaan QS. Al Baqoroh

4.       Evaluasi

1.       Pendidik meminta Peserta didik untuk membaca QS. Al Baqoroh  

2.       Pendidik meminta Peserta didik membaca QS. Al Baqoroh  yang dievaluasi satu persatu secara bergiliran

4.1    Pendidik menilai bacaan peserta didik satu persatu

PENUTUP

3’

 

Simpulan materi QS. Al Baqoroh

Simpulan hafalan Surat QS. At Thoriq

Simpulan adab dan nasehat singkat

Salam penutup

 

 

 

Bagian V. Refleksi 

Refleksi Guru

Apakah pembelajaran yang saya lakukan sudah sesuai dengan apa yang saya rencanakan?

 

Bagian rencana pembelajaran manakah yang sulit dilakukan?

 

Apa yang dapat saya lakukan untuk mengatasi hal tersebut?

 

Berapa persen siswa yang berhasil mencapai tujuan pembelajaran?

 

Apa kesulitan yang dialami oleh siswa yang belum mencapai tujuan pembelajaran?

 

Apa yang akan saya lakukan untuk membantu mereka?

 

 

Refleksi Siswa

Aku bisa mengucapkan  ungkapan Syukur. 

 

Aku bisa Membawa dan meletakkan Al Qur’an dengan benar.

 

    Aku bisa Menghafalkan surat QS. At Thoriq

 

 

Aku bisa membaca bacaan QS. Al Baqoroh

 

 

Bagian VI. Lampiran Instrumen Penilaian

 

a.                   Asesmen Sikap Religius

b.                   Asesmen Sikap Sosial

c.                   Asesmen Keterampilan

d.                   Asesmen Pengetahuan


No comments for "Contoh RPP Pembelajaran Al Quran Ilman Wa Ruhan Untuk SD"