Contoh RPP Pembelajaran Al Quran Ilman Wa Ruhan Untuk SD
Contoh RPP Pembelajaran Al Quran Ilman Wa Ruhan Untuk SD
Modul Ajar Ilman Wa Ruuhan TERPADU JSIT Indonesia
Semester I TP.
2022-2023
Bagian
I. Identitas dan Informasi Mengenai Modul Ajar
Judul Modul Ajar |
Al Quran Metode Belajar Al
Qur’an Ilman Wa Ruuhan |
Mata Pelajaran |
Al Qur’an |
Kelas/Fase |
4/A |
Capaian dan Tujuan |
Capaian Pembelajaran Ilman Wa Ruuhan: 1.
Adab Membawa dan meletakkannya dengan benar yaitu membawa
di dada dengan tangan kanan dan meletakan di tempat yang lebih tinggi (bukan
dilantai) 2.
Hafalan QS. At Thoriq 3.
Alquran QS. Al Baqoroh |
Profil Pelajar Ilman Wa Ruuhan: ·
Taat kepada Allah –
Memuliakan AlQur’an – Adab terhadap Sesama · Lancar Bacaannya – Tepat Tajwidnya – Indah bacaannya. |
|
Tujuan Pembelajaran: 1.
Setelah berlatih sikap memuliakan Quran, peserta didik
terampil mempraktekan membawa dan
meletakkannya dengan benar. 2.
Melalui proses Talaqqi, peserta didik mampu menghafal QS. At Thoriq 3.
Melalui Pola mencontohkan bacaan siswa dapat membaca
QS. Al Baqoroh |
|
Detail Penggunaan |
Total Alokasi Waktu: 6 x 35 menit |
Moda Pembelajaran: Tatap Muka |
|
Sarana dan Prasarana : Ruang Kelas, Meja Lipat, Bahan Ajar (Buku
dan Peraga). |
|
Target Murid: Murid reguler |
|
Jumlah Murid Per Kelas: 12 Orang/ kelompok |
|
Referensi |
SKL Ilman Wa Ruuhan Al Qur’an Juz 30 QS. At Thoriq Al Quran QS. Al Baqoroh |
Bagian II. Asesmen
Asesmen
|
Adab
|
Hafalan
|
Materi Jilid
|
As
|
Refleksi siswa, pelaksanaan adab, penilaian diri,
penilaian antar teman |
Refleksi siswa, penilaian diri dan penilaian antar teman |
Refleksi siswa, penilaian diri dan penilaian teman |
For
|
Penilaian proses menterampilkan
diri, penugasan melaksanakan adab
|
Penilaian proses menterampilkan
diri,
mengulang bacaan dan hafalan di rumah |
Penilaian proses menterampilkan
diri,
mengulang bacaan di rumah |
Of
|
Rubrik penilaian terampil Adab |
Rubrik penilaian terampil Hafalan |
Rubrik penilaian terampil melafalkan bacaan. |
Bagian II. Pertanyaan Pemantik
Pertanyaan Pemantik Bagi Siswa |
|
1 |
Sudahkah ananda meletakkan dan
membawa buku Jilid/ Alquran dengan benar? |
2 |
Semalam belajar sama siapa? |
3 |
Sudahkah ananda bersyukur hari
ini? |
Bagian IV. Langkah-Langkah
Pembelajaran
TAHAPAN |
MUATAN |
AKTIVITAS |
PEMBUKAAN 5’
|
|
1.
Pendidik
menanyakan kabar ke peserta didik 2.
Pendidik
membuka dengan salam 3.
Pendidik
membaca Hamdalah & Shalawat 4.
Pendidik
dan peserta didik membaca surat Al Fatihah & Do’a Penawar Hati |
INTI |
Adab 7’ |
1.
Pendidik
bertanya kepada peserta
didik pelaksanaan adab memuliakan Al Qur'an 2.
Pendidik
menyampaikan materi adab (baru) atau
menekankan kembali. 3.
Pendidik mentrampilkan peserta didik dengan materi
adab. 4.
Pendidik meminta peserta didik mengisi buku
prestasi bagian Adab. |
Tahfidz 10’ |
1.
Pengulangan : Pendidik
meminta peserta didik untuk mengulang hafalan Qur’an surat At Thoriq |
|
2.
Paham (proses menghafal baru) 2.1
Pendidik
mencontohkan surat
At Thoriq 2.2
Pendidik
meminta peserta didik menirukan bacaan At
Thoriq 2.3
Pendidik
meminta peserta didik membaca bersama-sama At Thoriq ditunjuk pendidik minimal 3 kali 2.4
Pendidik
meminta sebagian peserta didik membaca surat
At Thoriq |
||
3.
Mahir
hafalan (proses mentrampilkan hafalan baru) 3.1
Peserta
didik dikelompokkan untuk kembali mengulang hafalan bersama sama 3.2
Pendidik
meminta peserta didik mengulang hafalan At Thoriq bersama-sama |
||
|
4.
Evaluasi Hafalan 4.1
Peserta
didik diminta membaca satu persatu dan peserta didik yang lain menyimak 4.2 Pendidik menilai Hafalan baru
siswa |
|
Materi
Jilid 45’ |
1.
Pengulangan
Materi pada QS.Al Baqoroh |
|
2.
Paham (penjelasan materi Baru) 2.1
Pendidik
mencontohkan bacaan QS.Al
Baqoroh sebanyak 1 x 2.2
Pendidik
meminta peserta didik menirukan bacaan
QS.Al Baqoroh minimal 3 kali 2.3
Pendidik
meminta peserta didik membaca bersama-sama bacaan QS.Al
Baqoroh yang ditunjuk 2.4
Pendidik meminta sebagian peserta didik membaca
bacaan/materi yang ditunjuk |
||
3.
Mahir
(mentrampilkan materi baru) 3.1
Pendidik
meminta Peserta didik mengulang
bacaan QS. Al Baqoroh |
||
4.
Evaluasi 1.
Pendidik
meminta Peserta didik untuk membaca QS. Al
Baqoroh 2.
Pendidik
meminta Peserta didik membaca QS. Al
Baqoroh yang dievaluasi satu
persatu secara bergiliran 4.1
Pendidik
menilai bacaan peserta didik satu persatu |
||
PENUTUP
3’ |
|
Simpulan materi QS. Al Baqoroh Simpulan hafalan Surat QS.
At Thoriq Simpulan adab dan nasehat singkat Salam penutup |
Bagian V. Refleksi
Refleksi Guru |
|
Apakah pembelajaran yang saya lakukan sudah sesuai
dengan apa yang saya rencanakan? |
|
Bagian rencana pembelajaran manakah yang sulit
dilakukan? |
|
Apa yang dapat saya lakukan untuk mengatasi hal
tersebut? |
|
Berapa persen siswa yang berhasil mencapai tujuan pembelajaran? |
|
Apa kesulitan yang dialami oleh siswa yang belum
mencapai tujuan pembelajaran? |
|
Apa yang akan saya
lakukan untuk membantu mereka? |
|
Refleksi Siswa |
|
Aku bisa mengucapkan ungkapan Syukur. |
|
Aku bisa Membawa dan meletakkan Al Qur’an dengan
benar. |
|
Aku bisa Menghafalkan surat QS. At Thoriq |
|
Aku bisa membaca bacaan QS. Al Baqoroh |
|
Bagian VI. Lampiran Instrumen Penilaian
a.
Asesmen Sikap Religius
b.
Asesmen Sikap Sosial
c.
Asesmen Keterampilan
d. Asesmen Pengetahuan
No comments for "Contoh RPP Pembelajaran Al Quran Ilman Wa Ruhan Untuk SD"
Post a Comment